Login Member
Username:
Password :
Agenda
25 April 2019
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

VISI

“ Menjadikan  Program Studi PGMI  yang unggul  dalam menghasilkan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang profesional, kompetitif, Inovatif  dan  berahlak mulia”

MISI

  1. Meningkatkan  kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, untuk  meningkatkan kompetensi guru pendidikan dasar Islam
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk mempersiapkan guru kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI)  yang kompeten di bidangnya
  2. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang variatif di bidang pendidikan dasar Islam.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik/guru madarasah Ibtidaiyah yang profesional, kompetitif dan berakhlak mulia;
  2. Mengembangkan teori-teori pendidikan Islami yang inovatif serta penerapannya untuk menjadi landasan dan pengembangan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah;
  3. Menyebarluaskan disiplin ilmu-ilmu keguruan, kependidikan Islam, ilmu-ilmu keislaman dan disiplin ilmu pendidikan guru madrasah ibtidaiyah;
  4. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka pendidikan dan pembelajaran, pengembangan khazanah keilmuan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang keilmuan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah;
  5. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah bangsa terutama dalam bidang pendidikan.
  1. Menampilkan diri sebagai pribadi muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  2. Mampu mengembangkan diri secara terus-menerus dan berperilaku sebagai pendidik muslim yang professional.
  3. Memahami karakteristik peserta didik MI, baik dari segi usia, anak yang berkebutuhan khusus, latar belakang keluarga dan masyarakat.
  4.   Memahami cara belajar dan kesulitan belajar peserta didik MI dalam penggalan kelompok usia tertentu (kelas awal dan kelas lanjut).
  5. Menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran yang mendidik.
  6. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik, serta mampu menilai proses dan hasil pembelajaran serta tindaklanjut yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  7. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran di MI.
  8. Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas.
  9. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan stakeholder untuk pengembangan pendidikan.

TUJUAN

  1. Menjadikan  Prodi PGMI  yang unggul, mantap, berciri khas Islam dan berakar pada karakter pendidikan dasar.
  2. Menjadi program studi yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik (Good Governance).
  1. Menghasilkan guru pendidikan dasar Islam yang kompeten.
  2. Menghasilkan peneliti yang produktif dan inovatif di bidang pendidikan dasar Islam
  3. Menjadi pusat pengembangan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan dasar Islam.

SASARAN

  1. Terlaksananya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, dan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan Pendidikan Dasar (tematik integrative).
  2. Tercapainya penelitian secara intens dan berkelanjutan untuk melahirkan dan mengembangkan teori-teori dan konsep keilmuan Pendidikan Dasar yang berbasis pada nilai-nilai  Islami.
  3. Tercapainya peran program studi untuk pengabdian masyarakat yang bersifat proaktif    dan antisipatif dalam menunjang penerapan keilmuan dan praktik pendidikan dasar.
  1. Tercapainya pembelajaran di Prodi PGMI yang berbasis riset dan pustaka
  2. Meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dan dosen dalam pelatihan dan penelitian di tingkat local dan  nasional.
  3. Melibatkan  dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat beserta peningkatan kualitas dan kuantitas.
  4. Tercapainya pelayanan prima yang maksimal dan memuaskan.