Pencarian
Banner
Sinta Risteke-Jurnal
Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 36569
Pengunjung : 8722
Hari ini : 8
Hits hari ini : 60
Member Online : 18
IP : 3.234.214.179
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

alanrm82    
Agenda
08 December 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11


KERJAKAN SOAL

1.   
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 
   melakukan penilaian hasil belajar siswa
   melaksanakan pembelajaran di kelas
   mengelola interaksi pembelajaran
   memberdayakan sumber belajar
2.   
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 
   indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
   hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
   proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
   proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
3.   
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 
   mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
   membuat indikator soal
   menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
   diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
4.   
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 
   jawaban a, b, dan c benar
   menunjukkan kegiatan siswa dan materi
   sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
   memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
5.   
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 
   Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
   Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
   Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
   Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
6.   
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 
   Symbols
   Structures
   Tools
   Operator
7.   
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 
   latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
   latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
   latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
   latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
8.   
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 
   penyalur pesan
   perantara guru
   pengantar proses pembelajaran
   pengantar guru dan peserta didik
9.   
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 
   Kontektual
   Problem Solving
   Picture and Picture
   Inquiry
   Role Playing
10.   
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 
   Kelompok
   Massa
   Verbal
   Nonverbal
11.   
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 
   bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
   metode yang menggunakan multimedia
   model yang dmenggunakan model-model terkini
   bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
12.   
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 
   tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
   mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
   merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
   nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
13.   
Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 
   message
   media
   decoding
   noise
14.   
Fungsi dari Winamp adalah ...
 
   untuk mengolah gambar
   untuk mendengarkan musik
   untuk memutar film yang termuat dalam CD
   untuk membuat film
15.   
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 
   memulai rekaman
   menjalankan hasil rekaman
   menghentikan rekaman
   menyimpan hasil rekaman
16.   
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 
   nonverbal
   Massa
   kelompok
   verbal
17.   
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 
   Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
   Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
   Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
   Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
   Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
18.   
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 
   Memberikan bimbingan
   Memberikan acuan
   Meningkatkan motivasi
   Membuat kaitan
   Melaksanakan tes awal
19.   
Metode Penelitian memuat ...
 
   prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
   prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
   prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
   prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
20.   
 Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 
   Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
   Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
   Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
   Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
21.   
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 
   merumuskan bentuk dan jenis penilaian
   menentukan media dan sumber belajar
   menentukan materi pokok
   merumuskan tujuan pembelajaran
22.   
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 
   biologis
   kepribadian
   pengetahuan
   Intelengensi
23.   
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 
   dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
   pembelajaran dapat bermakna ganda
   guru lebih santai karena terbantu
   dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
24.   
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 
   keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
   keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
   ketepatan dengan tujuan pembelajaran
   keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
25.   
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 
   respect
   clarity
   audible
   humble
26.   
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 
   Microsoft Excel
   Microsoft PowerPoint
   Microsoft Word
   Microsoft Acces
27.   
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 
   mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
   membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
   mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
   mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
28.   
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 
   menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
   membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
   membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
   membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
29.   
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 
   untuk menampilkan objek
   untuk keluarnya objek
   untuk memberi penekanan pada objek
   untuk menggerakkan objek
30.   
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 
   RAM
   Hard disk
   DOS
   Procesor Pentium Intel
31.   
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 
   Untuk menguasai kompetensi pedagogis
   Untuk mengusai kompetensi sosial
   Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
   Untuk menguasai kompetensi professional
32.   
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 
   memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
   menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
   mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
   memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
33.   
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 
   Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
   Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
   Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
   Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
34.   
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 
   Anak akan belajar jika selalu diperintah
   Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
   Anak akan belajar jika diberikan motivasi
   Anak akan belajar jika dibiasakan
35.   
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 
   Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
   Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
   Ruang yang tersedia
   Rumusan masalah yang harus didiskusikan
   Motivasi belajar siswa
36.   
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 
   bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
   sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
   sesuai dengan perbedaan individual siswa
   disusun secara logis dan sistematis
37.   
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 
   berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
   tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
   dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
   sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
38.   
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 
   nonverbal
   personal
   satu arah
   verbal
39.   
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
 
   terintegrasi
   sistematis
   logis
   berkelanjutan
40.   
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 
   mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
   mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
   menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
   mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
41.   
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 
   pesan (message)
   peralatan (device)
   lingkungan (setting)
   bahan (material)
42.   
Kajian Pustaka memuat ...
 
   landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
   landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
   landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
   landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
43.   
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 
   mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
   memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
   memahami kesulitan belajar yang dihadapi
   memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
44.   
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 
   sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
   sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
   sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
   sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
45.   
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 
   Konstruktivisme
   Kognitivisme
   Humanisme
   Behaviorisme
46.   
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 
   klik ikon Crop
   klik gambar
   klik tab Format
   klik ikon Picture
47.   
Tujuan PTK adalah ...
 
   mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
   mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
   melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
   mendiagnosis kesulitan belajar siswa
48.   
Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 
   Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
   Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
   Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
   Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,