Pencarian
Banner
Sinta Risteke-Jurnal
Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 16043
Pengunjung : 4369
Hari ini : 6
Hits hari ini : 14
Member Online : 16
IP : 54.86.132.30
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

alanrm82    
Agenda
27 June 2019
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6

Pendidikan Islam Religius Humanis TGH. M. Ruslan Zain

Tanggal : 02/07/2018, 12:14:17, dibaca 178 kali.

 Muhammad Azami :


TGH. M. Ruslan Zain adalah salah satu ulama kharismatik di Pulau Lombok. Hal ini terlihat dari aktivitas beliau yang schari-harinya sebagai pengajar, pendidik dan mengisi beberapa majlis taklim. Setidaknya kehidupan beliau terlukis dari pola hidup yang terkesan kurang tertarik dengan kehidupan duniawi yang mengarah pads materialis dan hedonis, terlebih hal­lial yang berbau politis. Sikap inilah yang menjadi ciri khan beliau, tawaddu' dan bersahaja yang telah diungkapkan olch beberapa murid beliau seperti TG. Drs. H. Hamzah Abd Halim, SH.


TGH. M. Ruslan Zain adalah figur ulama modert, tidak mau terlibat dalam hal-hal yang mengundang perdebatan. Prinsip beliau yang utama adalah nienjaga keutuhan uniat ini lebilh utania dari pada membahas sesuatu yang bersifat khilqfivah terutama dalam masalah firu iyah. Hal ini beliau contohkan tatkala terjadi perbedaan pendapat mengenai boleh tidaknya pemimpin wanita ketika Mu’ktamar Nandlatul Wathan (NW) ke-X di praya Lombok Tengah, beliau memegang prinsip persatuan lebih utarna, dari pads memperlebar jurang, perbedaan.


TGH. M. Ruslan Zain schari-hari dalam berdakwah dan mengajar tidak memandang strata social komunitas tertentu tanpa batas usia, semua dikunjungi dan diajari selama ada kesempatan dan tentunya biiznillah. Aktivitas dakwah TGH. M. Ruslan Zain semakin nampak diterima oleh masyarakat secara luas, baik bagi masyarakat desa Kembang Kerang sendiri maupun masyarakat desa lain di sekitarnya. Aktivitas dalam menvebarkan dan mengembangkan agama Islam yang dilakukan den.gan mendirikan lembaga pendidikan atau pondok pesantren Darul Karnal NW sebagai media dakwahnya yang secara esensial dapat dibedakan nienjadi dua yaitu:


I. Internal


Dakwah secara intemal yang dilakukan olch TGH. M. Ruslan Zain adalah aktivitas dakwah yang dilakukan dan diorientasikan kepada maiyarakat dengan mengedepankan Pondok Pesantren Darul Kamal NW sebagai medianya sekaligus sebagai wahana serta wadah Untuk melayani masyarakat dalam bidang spiritual. Untuk model ini beliau lebih berperan sebagai pembina dan pengasuh dari lembaga yang beliau dirikan, sebab aktivitas yang dilakukannya lebih mencerminkan sebagai pimpinan lembaga.


2. Ekstenal


Dalam dakwah ekstemal ini, sesuai dengan keahlian yang beliau miliki lebih menekankan pada dakwah yang dilakukan kepada masyarakat yang berada di luar pondok pesantren bahkan sampai ke berbagai daerah di luar kabupaten Lombok Timur bahkan di luar provinsi yang diwujudkan dengan pengajian-pengajian dengan model dakwah ini TGH. M. Ruslan Zain lebili efektif dan lebili mudah dikenal oleh masyarakat secara lugs.


Dari kedua model dakwah sebagaimana dipaparkan di atas, dapat dikatakan bahwa TGH.  Ruslan Zain dalam rangka pengembangan dakwah melalui jalur pendidikan agama sangat membemberikan nilai positif bagi perubahan sikap dan tingkah laku keagamaan masyarakat.


 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas