Pencarian
Banner
Sinta Risteke-Jurnal
Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 12036
Pengunjung : 3268
Hari ini : 8
Hits hari ini : 18
Member Online : 16
IP : 34.229.175.129
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

alanrm82    
Agenda
18 February 2019
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
1
2
3
4
5
6
7
8
9

CARA PRAKTIS UNTUK MEMBUAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Tanggal : 07-02-2018 17:02, dibaca 23 kali.

CARA PRAKTIS UNTUK MEMBUAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

  1. Apanya yang akan ditingkatkan?:

 

Hasil Belajar 

                                                           

Dengan metode/cara apa?:

 

Diskusi 

 

Siapa yang akan ditingkatkan :

 

            Hasil Belajar Siswa

 

ð  Judul PTK :

 

PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBAGAI BENDA YANG MENGHASILKAN BUNYI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG   JENIS - JENIS ALAT MUSIK DI KELAS IV MI NW 01 KEMBANG KERANG  TAHUN AJARAN 2017 / 2018

  1. Sebutkan sekurang-2 nya tiga alasan mengapa penelitian tindakan  Kelas itu akan dilakukan?

 

1)      Untuk meningkatkan kemampuan guru.

 

2)      Untuk meningkatkan wawasan/ pembelajaran siswa.

 

3)      Untuk memperbaiki kurikulum

 

  • Alasan-alasan  ini nanti akan menjadi latar belakang penelitian  di Bab 1 Pendahuluan.

 

  1. Kira-kira apa yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut:

 

Dengan memperbaiki lingkungan kelas untuk belajar , melakukan interaksi interpersonal di antara siswa, atau peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan refleksi diri mengintegrasikan antar mata pelajaran, atau seperti bagaimana menggunakan teknologi dalam kurikulum pembelajaran.

 

  1. Maka rumusan masalahnya adalah (dalam bentuk kata tanya, yang jawabnya nanti akan dituliskan dalam kesimpulan):

 

Bagaimanakah  cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode diskusi, dan penggunaan alat peraga berbagai benda yang menghasilkan bunyi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Kemampuan siswa Mendeskripsikan perkembangan  sistem  administrasi  wilayah  Indonesia di kelas IV  MI NW 01 Keembang Kerang Pelajaran 2017 / 2018 ?”

 

  1. Tujuan dari penelitian ini adalah :

 

  1. a.       Untuk mendeskripsikan penerapan  metode  penugasan, media gambar pemanfaatan benda yang menghasilkan bunyi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA tentang  Jenis- jenis alat musik
  2. Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar IPA tentang Kemampuan siswa mendeskripsikan  jenis – jenis alat music melalui penerapan pendekatan konstektual pada siswa kelas IV MI NW 01 Keembang Kerang Pelajaran 2017 / 2018.
  3. Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar IPA tentang Kemampuan siswa mendeskripsikan jenis – jenis alat music melalui penerapan pendekatan konstektual pada siswa kelas IV SMI NW 01 Keembang Kerang Pelajaran 2017 / 2018.
  4. Manfaat penelitian ini adalah:

 

1)      Untuk siswa:

Penelitian tindakan kelas (PTK) dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa. Dengan demikian prestasi belajar siswa dapat meningkat .

 

2)      Untuk guru:

  1. Membantu guru memperbaiki pembelajaranya.
  2. Membantu guru berkembang secara profesional.
  3. Meningkatkan rasa percaya diri pada guru
    1. Memungkinkan guru untuk mengembangkan pengetahaan dan keterampilan yang dimilikinya (panduan PTK)

 

3)      Untuk kepala sekolah:

      Membantu sekolah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah.

4)      Untuk sekolah:

  1. Membantu sekolah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah.
  2. Meningkatkan prestasi sekolah .
  3. Meningkatkan mutu sekolah.
  4. Sebagai salah satu penunjang dalam penilaian akreditasi sekolah.

 

Bab II Kajian Pustaka:

Tuliskan pokok-pokok yang akan dicari dukungan teorinya, pertama tentang masalah nya dan yang kedua tentang metodologi yang digunakan.

Pertama:

1.  ………………………………………………………………………………………………………………

2.  ………………………………………………………………………………………………………………

Kedua:

1. ………………………………………………………………………………………………………………

2. ………………………………………………………………………………………………………………

 

Bab III Pelaksanaan Penelitian Perbaikan Pembelajaran:

  1. Setting penelitian (siapa yang jadi subyeknya, Tempat penelitiannya di mana, kapan  penelitian ini dilakukan, dan siapa pihak-pihak ).
  1. Subjek Penelitian

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas  IV

  1. Tempat Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di  kelas  IV MI NW 01 Keembang Kerang Pelajaran 2017 / 2018.

  1. Waktu Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan dalam   2 siklus yaitu :

1)      Siklus 1 pada tanggal =  9 oktober 2018

2)      Siklus 2 pada tanggal =  16 0ktober 2018

  1. Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran :

Prosedur pelaksanaan penelitian menggunakan siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan ( observasi ), dan refleksi

  1. Sebutkan langkah-langkah tindakan yang (akan) dilakukan  dalam penelitian ini:
  1. Pra penelitian:

1)      Meminta persetujuan  kepada kepala sekolah untuk melaksanakan PTK

2)      Mengadakan pertemuan antara Supervisor 1 dan 2 dengan kepala sekolah  dan guru/mahasiswa terkait dengan   rencana  pelaksanaan penelitian tindakan kelas.

 

 

  1. Perencanaan siklus satu:

Tahap Perencanaan

  1. Menyiapkan RPP

2.   Menyiapkan Lembar Observasi

3.  Menyiapkan peserta didik

4.  Menjelaskan model kegiatan yang akan digunakan

( Menggali pengetahuan dari peserta tentang jenis –jenis alat musik dan cara memainkanya )

 

  1. Pelaksanaan tindakan siklus satu

1)      Tahap awal berkomunikasi dgn jajaran sekolah agar mendapat respon positif dari semua pihak

2)      Kepala sekolah sebagai supervisor

3)      Melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode/media/peraga ….. dan pendekatan …..

4)      Supervisor 2 melaksanakan pengamatan terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran.

5)      Guru menganalisis hasil evalusi belajar yang terkait dengan pelaksanaan dan penggunaan pendekatan pembelajaran.

6)      Supervisor 2 memberikan catatan hasil pengamatan kepada peneliti hal-hal apa yang masih perlu mendapatkan perhatian.

7)      Peneliti melakukan refkeksi tentang kekuatan dan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.

8)    Peneliti mengevaluasi hasil siklus 1 untuk menyusun rencana perbaikan siklus 2.

  1. Pengamatan siklus satu:

1)      Dilakukan oleh supervisor 2.

2)      Pengamatan diarahkan terhadap action guru dalam pembelajaran, action anak dalam pembelajaran, dan situasi kelas.

3)      (menggunakan lembar observasi)

 

  1. Evaluasi/refleksi siklus satu:

1)      Refleksi pada masing – masing siklus didasarkan pada hasil evaluasi setiap siklus.

2)      Skor  masing – masing aspek 0 -  100 ( untuk hasil evalusai)

3)      Keberhasilan yang ditetapkan , bila siswa telah mencapai rata-rata  nilai minimal 75

4)      Apabila nilai yang diperoleh peserta didik di bawah 75 prosentasenya masih tinggi berarti perlu lanjutkan siklus berikutnya, dengan langkah –langkah sama dengan siklus yang telah dilaksanakan, menitik beratkan pada langkah mana yang perlu dipertajam

 

  1. Sebutkan Indikator keberhasilan:

Prosentase hasil belajar peserta didik meningkat dengan ketuntasan rata-rata lebih dari 75%

 

Bab IV: Pembahasan hasil penelitian:

  1. Uraikan hasil temuan penelitian per siklus, dalam bentuk narasi dan dilengkapi dengan table atau grafik jika ada ….
  2. Bandingkan capaian tiap siklus dan tabelkan/grafikkan dan tarik kesimpulan dari kedua (ketiga)nya…..

Bab V: Kesimpulan dan Saran

  1. Kesimpulan dibuat berdasarkan analisis bab IV dan harus menjawab rumusan masalah. Kalau dirumusan masalah hanya ada satu pertanyaan, kesimpulannya juga cukup satu. Demikian  pula jika pertanyaan dalam rumusan masalah ada dua/tiga/empat.., maka dalam kesimpulan ada dua/tiga/empat… kesimpulan
  2. Saran ditulis jika ada hal2 yang memang penting untuk disampaikan, Saran bisa disampaikan kepada siswa, guru, kepala sekolah – berkenaan dengan hasil penelitian ini.

Lampiran (sekurang2nya terdiri dari)

  1. RPP dari tiap pertemuan (kalau ada dua siklus dan setiap siklus ada dua pertemuan, maka perlu dilampirkan dua kali dua = 4 lampiran RPP)
  2. Instrumen penelitian (kuesioner, soal tes, contoh jawaban tes (satu atau dua lembar), daftar hadir siswa pada saat tindakan dan tes yang asli, dll)
  3. Surat izin dari Kepala Sekolah
  4. Foto (kalau ada) dan lampiran lain yang dipandang perlu.


Pengirim : Taqiudin Zarkasi, M.Pd
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas